Portal Digital Data Personal

Tulisanku
Selasa, 10 Maret 2020

Download Materi KD 3.11 Getaran Gelombang Bunyi


Getaran adalah suatu peristiwa gerak bolak balik teratur suatu benda melalui titik kesetimbangan. 

"jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon disebut frekuensi (f)”

f = n/t ; Satuan f = getaran/sekon

“Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran disebut periode (T)”

T= t/n ; Satuan T = sekon

Gelombang adalah getaran yang merambat. Perambatan   gelombang   mekanis   memerlukan   medium   (perantara),   misal   gelombang   air & bunyi. Perambatan   gelombang   elektromagnetik   tidak   memerlukan  medium,  misal  gelombang  cahaya

gelombang bunyi berdasarkan frekuensinya terdiri dari:
  1. Infrasonik, bunyi dengan frekuensi <20 Hz. Bunyi ini dapat didengar oleh hewan seperti jangkrik, laba-laba, gajah, anjing dan lumba-lumba.
  2. Audiosonik,  bunyi  dengan  frekuensi  20  Hz sampai 20.000 Hz. Bunyi  ini  dapat  didengar  oleh  manusia  dan kebanyakan hewan lainnya.
  3. Ultrasonik, bunyi dengan frekuensi >20.000 Hz. Bunyi ini dapat didengar oleh hewan seperti kelelawar dan lumba-lumba
Aplikasi gelombang bunyi antara lain:
  1. SONAR (Sound Navigation and Ranging). Sonar dapat digunakan untuk: Sistem   navigasi dengan bunyi   pantul ultrasonik; Padakamera,untuk  mendeteksi jarak benda yang akan difoto; Pada   mobil   untuk   mendeteksi   jarak benda-benda yang ada di sekitar mobil.
  2. Pengukuran kedalaman laut. Kedalaman  laut bisa diukur juga dengan  fathometer, dengan mengukur    selang    waktu    yang dibutuhkan  untuk  menerima  kembali pulsa ultrasonik yang dikirimkan.
  3. Mendeteksi keretakan pada logam. Keretakan logam dideteksi dengan pemindai menggunakan bunyi ultrasonik.
  4. Ultrasonografi(USG). merupakan pencitraan   medis   untuk   melihat bagian tubuh menggunakan bunyi ultrasonik. Kelebihan USG: Lebih aman daripada X-Ray, MRI dan CT-Scan; Dapat  melakukan  pencitraan  3D  organ-organ dalam tubuh; Dapat  mendeteksi  perbedaan  sel  dan jaringan normal dengan abnormal.
  5. Mengukur kelajuan darah. Kelajuan darah dapat diukur dengan menggunakan efek Doppler. Bunyi ultrasonik diarahkan menuju pembuluh nadi, dan pergerakan gelombang bunyi    tersebut mengikuti kelajuan aliran darah.

simak dan download materi selengkapnya di sini :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Download Materi KD 3.11 Getaran Gelombang Bunyi Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan