Tes unjuk kerja dilakukan untuk mengukur kemampuan Psikomotorik dari siswa. Ada dua tahap yang kita lakukan :
- Dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. tahapan ini memiliki kelemahan yaitu sulit dilakukan per individu; tidak mengukur skill individu kelebihannya yaitu mampu memberikan data proses belajar peserta didik)
- Dilakukan di akhir proses pembelajaran. Tahapan ini memiliki kelemahan yaitu butuh waktu, biaya dan tenaga. sedangkan kelebihannya benar-benar mengukur skill
Praktikum : Percobaan Pencemaran Air
Kegiatan :
- Menyiapkan larutan kontrol dan perlakuan (deterjen yang berbeda kepekatannya)
- Memasukkan ikan ke dalam larutan
- Mengukur pH larutan
- Mengamati perubahan yg terjadi pada ikan (gerak, warna (sisik, insang, mata), ukuran, bobot, lendir, bau)
- Menyajikan data
- Menganalisa
- Menarik kesimpulan
Teknik
Menyusun Rubrik Skor Numerik
Aspek yg Dinilai
|
Skor
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
1 Bahan dan alat yang disiapkan hanya satu
2 Bahan yg disiapkan minimal satu, dan alat yang
disiapkan minimal dua
3 Bahan yg disiapkan minimal dua, dan alat yang
disiapkan minimal tiga
4 Bahan (ikan,air, deterjen) dan alat (gelas beker,
pengaduk, kertas lakmus, penggaris, timbangan) disiapkan secara lengkap
|
Mengukur pH
|
1 Tidak mengukur pH
2 Menggunakan kertas lakmus, salah dalam mencelupkan
kertas lakmus, salah dalam membaca pH
3 Menggunakan kertas lakmus, mencelupkan kertas
lakmus, salah dalam membaca pH
4 Menggunakan kertas lakmus, mencelupkan kertas
lakmus dalam larutan, membaca ukuran pH dengan benar
|
Aspek yg Diamati
|
Skor
|
Mengamati perubahan
|
1 Mengamati 1 kriteria
2 Mengamati 2-3
3 Mengamati 4-5 kriteria
4 Mengamati perubahan warna, ukuran, bobot, bau,
gerakan, lendir
|
Menyajikan data
|
1 Menyajikan data dalam bentuk paragraf
2 Menyajikan data dlm bentuk tabel, diagram atau
grafik, data salah, tdk ada ilustrasi
3 Menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram atau
grafik, data benar, tdk ada ilustrasi
4 Menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram atau
grafik, data benar, dan melengkapi dg ilustrasi
|
dst
|
Trik
menyusun rubrik check list
- Susunlah aspek yg dibuat berdasarkan urutan prosedural/kegiatan praktikum
- Kriteria dalam satu aspek mencerminkan satu komponen saja
- Jika aspek mengandung lebih dari dua kriteria, maka akan menyulitkan dalam menentukan “ya” dan “tidak”
- Jangan mengawali aspek/pernyataan dengan kata “tidak”, misalnya “tidak mengamati obyek”
Rubrik
Check list
Aspek yg dinilai
|
Ya
|
Tidak
|
1. Menyiapkan alat & bahan
|
||
Menyiapkan gelas beker
|
||
Menyiapkan alat pengaduk
|
||
Menyiapkan penggaris
|
||
Menyiapkan timbangan
|
||
Menyiapkan kertas lakmus
|
||
Menyiapkan air aqua
|
||
Menyiapkan deterjen
|
||
Menyiapkan ikan
|
Anecdotal
Record
Untuk mengantisipasi pengukuran
psikomotorik dalam proses pembelajaran, maka perlu disusun anecdotal record,
yaitu pencatatan terhadap perilaku, tindakan, dan sikap siswa selama proses
pembelajaran berlangsung
Contoh Anecdotal Record
Nama Siswa
|
5 ‘
|
5’’
|
5’’’
|
dst
|
Ani
|
Serius
|
Mengobrol
|
Mengobrol
|
|
Budi
|
Serius
|
Bertanya
|
Menjawab
|
|
dst
|
Catatan dalam anecdotal record,
dapat diisikan secara ringkas.Data dalam anecdotal record dipakai oleh guru
untuk memahami mengapa prestasi belajar siswa naik, turun, atau tetap. Untuk
menyoroti psikomotorik, maka isilah dengan catatan yg lebih fokus pada rubrik
psikomotorik yg ingin dicapai.
0 komentar:
Posting Komentar