Portal Digital Data Personal

Tulisanku
Jumat, 01 Mei 2015

MP3 Seminar Peradaban Islam - Workshop PKU Unida Gontor 2014


Kali ini saya mendapatkan kesempatan mengikuti Program Kaderisasi Ulama (PKU) VIII Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor di Kota Solo dan sekitarnya. materi yang disampaikan menyangkut permasalahan pluralisme dan multikulturalisme di Indonesia, ditambah pembahasan lain tentang relasi Islam dan negara. 

Pembicara pertama tentang pluralisme dalam pandangan agama-agama di Indonesia, Abdul Wahid, menjelaskan dampak buruk paham yang menyamakan agama-agama ini. Ia memaparkan asal muasal munculnya paham ini yang tampak sebagai pahlawan perdamaian pembawa misi toleransi. Namun, di balik itu tersembunyi sebuah tujuan untuk menghilangkan nilai-nilai kebenaran dari suatu agama. Sehingga, tidak boleh lagi ada agama yang mengaku sebagai satu-satunya yang memiliki kebenaran. Untunglah, gerakan pluralisme di Indonesia ditentang keras setiap agama yang memandang betapa berbahayanya paham pengusung relativitas kebenaran ini, terutama Islam.

Sedangkan Ahmad Sofyan Hadi, sebagai pembicara kedua, menyampaikan pengaruh paham multikulturalisme pada pendidikan Islam saat ini merayap pelan-pelan tanpa disadari. Hal ini bisa terjadi dengan dalih-dalih toleransi yang kebablasan. Orang-orang sudah tidak mengindahkan batasan toleransi yang tidak boleh merambah ranah keyakinan. Akhirnya, seorang muslim pun ikut-ikutan perayaan Natal atau terlibat dalam doa lintas agama. Multikulturalisme ini sangat berpotensi mengikis sedikit demi sedikit keimanan umat Islam.

Adapun tentang relasi Islam dan negara, Cecep Supriadi, pembicara terakhir, memaparkan secara tegas bahwa Islam sama sekali tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bernegara. Islam tidak mengenal sekularisasi atau sekularisme karena Islam adalah agama yang menyatu dengan segala sisi kehidupan, tak terpisahkan. Demikian pula halnya dengan negara, Islam sangat berperan dalam mewujudkan negara yang ideal dan menciptakan masyarakat yang madani.

 untuk rekaman dari program ini bisa melalui kotak download berikut :


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: MP3 Seminar Peradaban Islam - Workshop PKU Unida Gontor 2014 Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan