Portal Digital Data Personal

Tulisanku
Selasa, 07 April 2020

Review Buku Sejarah Sains 2 - Jung Hae-Yung dan Shin Yong-Hee


Buku komik Sejarah Sains 2 merupakan salah satu serial buku yang paling lengkap dalam membahas sejarah dalam dunia sains. keunikan dari buku ini adalah seluruh penyajian kronologi sejarahnya melalui komik yang renyah akan banyolannya serta ilustrasi yang menyenangkan. Buku yang awalnya berbahasa Korea ini membahas tentang perkembangan sains dari masa peradaban Yunani hingga masa peradaban Islam. Jung Hae-Yung dan Shin Yong-Hee selaku penulis membagi buku ini menjadi 5 bab, yaitu :
  1. bab 1 membahas tentang hellenisme - perpaduan humanisme dan ilmu pengetahuan di kawasan laut mediterania (laut tengah)
  2. bab 2 membahas tentang Romawi kuno - peradaban yang membangun pengetahuan secara praktis (bahkan sangat praktis) serta ilmu pengetahuan bangsa romawi
  3. bab 3 membahas tentang generasi penerus hellenisme - penggabungan pengetahuan yunani dan romawi serta ilmuwan yang meneruskan pengembangan ilmu masa hellenisme
  4. bab 4 membahas tentang peradaban India kuno - masa dikenalnya pengetahuan pengetahuan spiritual, astronomi india, filsafat india, kedokteran india, kimia india, dan fisika india
  5. bab 5 membahasa tentang peradaban Islam - peradaban yang memelihara kebudayaan kuno dan meneliti dengan jujur, pendirian rumah kebijaksanaan (baitul hikmah), perkembangan biologi, kedokteran, fisika, kimia, geografi, matematika, astronomi dan astrologi dalam peradaban islam
Buku yang penuh dengan warna ini saya peroleh dengan harga Rp 30.000,00 saat bazar gudang gramedia di jalan tajem, yogyakarta. Padahal kalau beli di toko buku gramedia harganya Rp 60.000,00.

Menurut saya harga buku ini tidak sebanding dengan ilmu yang berada di dalamnya, bahkan Professor Emiritus Park Seong Rae dari Universitas Hankuk juga mengakui dan takjub atas kelebihan buku yang membantu pembaca memahami fakta sejarah melalui gambar sederhana dan mudah dimengerti.

Buku yang diterbitkan Boo-Kie Publishing House pada tahun 2010 lalu diterbitkan di Indonesia oleh gramedia pustaka utama pada tahun 2015 juga memberikan cara membaca buku sejarah supaya lebih menarik seperti :
  1. cobalah menempatkan diri kita di posisi jaman dahulu
  2. cobalah mengakrabkan diri dengan tokoh dalam sejarah
  3. cobalah cari kisah sains yang belum diketahui
Buku setebal 208 halaman ini juga dilengkapi dengan referensi atau daftar pustaka yang menjadi dasar dari penyusunan buku ini sehingga walau berbentuk komik namun tetap ilmiah dan memberikan informasi kepada kita untuk merunut buku lain untuk membaca buku lainnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Review Buku Sejarah Sains 2 - Jung Hae-Yung dan Shin Yong-Hee Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan