Peran guru biologi terhadap kondisi
akademik siswa :
1.
Pemberian
remidiasi, konsultasi tentang materi, pendekatan secaara perorangan
2.
Pemberian
motivasi,
3.
Pemberian materi yang disukai oleh siswa
4.
Pemberian reward kepada siswa yang aktif untuk meningkatkan siswa keaktifan
siswa dikelas
5.
Kendala guru biologi terhadap siswa :
1.
Kemauan
siswa untuk menghapal materi yang telah diajarkan
2.
Bahwa
siswa tersebut lebih suka menyimak saat diterangkan daripada membaca materi
3.
Siswa lebih
terkesan malas dari pada siswa pada umumnya
4.
Belum ada
siswa yang konsultasi dengan permasalahan akademik, lebih condong kepada
masalah pribadi
5.
Hanya beberapa saja yang dapat berperan aktif di kelas dan cendrung
orangnya itu-itu saja
6.
Guru hanya terfokus mengejar materi sehingga tidak bisa menerapkan metode
yang variatif dalam proses pembelajaran
7.
Siswa yang aktif bertanya justru siswa yang nilai akademisnya sudah bagus,
namun siswa yang secara akademis kurang baik malah justru acuh tak acuh
Langkah yang ditempuh guru biologi :
1.
Memberikan
berbagai motivasi terhadap siswa, seperti motivasi yang berupa pemberian
semangat secara lisan, memberikan reward ( hadiah) , pemberian denda terhadap
siswa yang mendapat nilai dibawah standar, nantinya uang itu digunakan untuk
membeli makanan ringan satu kelas.
2.
Mengadakan remidiasi terhadap siswa yang nilainya dibawah KKM agar nilai
yang dicapainya memenuhi standar ketuntasan
3.
Bekerja sama dengan guru BK untuk mengatasi siswa-siswa yang bermasalah
dalam proses pembelajaran
Peran guru biologi dalam BK
Ikut berperan dan bekerja sama dengan
guru BK dalam
mengurusi permasalahan pembelajaran biologi, dan guru biologi juga terbuka terhadap konsultasi permasalahan
siswa . Seperti permasalahan pribadi(masalah
pacar,kesulitan belajar,dll). Selain itu ada klinik mapel yang dilaksanakan
setelah pelajaran regular, siswa bisa bertanya berkaitan materi yang belum dipaham.
Peranan guru BK dalam proses pembelajaran :
1.
Terdapat
program tahunan, bulanan, mingguan.
2.
Ada agenda
mingguan mengajar di kelas, 2 jam mapel/ minggu
3.
Perhitungan
jam kegiatan guru BK
4.
Layanan
yang disampaikan dan diterima siswa
5.
Mengayomi
semua siswa
6.
Guru BK sebagai orang tua kedua bagi siswa yang membantu menyelesaiakan
masalah siswa
7.
Sebagai pengontrol kedisiplinan siswa
8.
Pemanggilan siswa yang nilai akademisnya rendah selama 3x berturut-turut
untuk diberi pengarahan
0 komentar:
Posting Komentar