Sosiometri adalah suatu prosedur untuk menyusun,merangkum sampai batas tertentu sehingga dapat mengkuantifikasi pendapat-pendapat peserta didik tentang penerimaan teman sebaya dan hubungan diantara mereka.
Contoh : Peserta didik yang tampak murung,over acting dan mengasingkan diri dapat dilihat ketika mereka sedang istirahat,bermain atau mengerjakan tugas kelompok.
Langkah menggunakan sosiometri :
Berikut disajikan cara membuat sosiogram yang biasa digunakan :
Dari tabel di atas, maka kita dapat membuat sosiogram sebagai berikut :
Ada juga yang menggambarkan sosiogram dengan menggunakan lingkaran. Jika data tabel di atas diinterpretasikan dalam sosiogram bentuk lingkaran, maka akan dihasilkan gambar sebagai berikut :
Contoh : Peserta didik yang tampak murung,over acting dan mengasingkan diri dapat dilihat ketika mereka sedang istirahat,bermain atau mengerjakan tugas kelompok.
Langkah menggunakan sosiometri :
- Memberikan “petunjuk” atau pertanyaan-pertanyaan seperti siapa nama temanmu yang baik hati dalam kelas? Atau Siapa nama temanmu yang selalu menolongmu ketika dalam masalah?
- Mengumpulkan jawaban yang sejujurnya dari semua peserta didik.
- Jawaban tersebut dimasukkan ke dalam table.
- Pilihan yang tertera dalam table digambarkan pada sebuah sosiogram.
Berikut disajikan cara membuat sosiogram yang biasa digunakan :
No Absen Siswa | Jumlah siswa yang menetapkannya sebagai teman paling ramah peringkat I | Jumlah siswa yang menetapkannya sebagai teman paling ramah peringkat II |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | 3 2 - - - 1 1 1 1 1 | 2 2 1 1 - 1 1 1 1 - |
Dari tabel di atas, maka kita dapat membuat sosiogram sebagai berikut :
Ada juga yang menggambarkan sosiogram dengan menggunakan lingkaran. Jika data tabel di atas diinterpretasikan dalam sosiogram bentuk lingkaran, maka akan dihasilkan gambar sebagai berikut :