Portal Digital Data Personal

Tulisanku
Kamis, 09 Oktober 2014

Ruang Lingkup Literasi Sains

menurut PISA (2003), dimensi sains sebagai berikut :

1. Kandungan Literasi Sains

Dalam dimensi konsep ilmiah, peserta didik perlu menankap sejumlah konsep kunci untuk dapat memahami fenomena alam tertentu dan perubahan yang terjadi akibat perubahan manusia. PISA mengajukan pertanyaan yang mempersatukan konsep biologi dengan ilmu sains lainnya.

2. Proses Literasi Sains

PISA mengkaji kemam[uan peserta didik untuk menggunakan pengetahuan dan pemahaman ilmiah, seperti kemampuan peserta didik untuk mencari, menafsirkan, dan memperlakukan bukti-bukti. Pisa menguji lima proses semacam itu, yakni :
i. Mengenali pertanyaan ilmiah
ii. Mengidentifikasi bukti
iii. Menarik kesimpulan
iv. Mengkomunikasikan kesimpulan
v. Menunjukkan pemahaman konsep ilmiah

3. Konteks Literasi Sains

Konteks sains melibatkan isu-isu yang sangat penting dalam kehidupan secara umum. Pertanyaan dalam PISA dikelompokkan menjadi tiga ara sains diterapkan, yaitu :
i. Kehidupan dan kesehatan
ii. Bumi dan lingkungan
iii. Sains teknologi

Tabel perbandingan assessment area literasi sains (2000-2003)
Assessment Area
Literasi Sains 2000
Literasi Sains 2003
Definisi dan perbedaannya

Memerlukan pemahaman konsep ilmiah, suatu kemampuan untuk mengaplikasikan perspektif ilmiah dan berpikir secara ilmiah untuk menangani bukti-bukti.
Dimensi konten
Konsep-konsep biologi, fisika, kimia dan IPBA yang terkait dengan tema utama:
Bentuk dan fungsi biologi manusia, perubahan fisiologis, keragaman perubahan fisiologis, mahluk hidup, pengendalian genetik, ekosistem.
Struktur dan sifat materi, perubahan atmosfer, perubahan fisis dan kimia, transformasi energy, gerak dan gaya.
Bumi dan kedudukannya di alam semester, perubahan geologis, konsep biologi dan fisika.
Area pengetahuan ilmiah dan konsep seperti:
Biodiversitas; gaya dan perpindahan
Perubahan fisiologis
Dimensi proses
Kemampuan atau proses mental yang terlibat ketika menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah, seperti:
Mengenal pertanyaan yang dapat dijawab dalam sains
Mengidentifikasi dan menginterpretasi bukti
Menerangkan kesimpulan sesuai bukti yang ada
Kemampuan menggunakan pengetahuan ilmiah dan pemahaman, memperoleh, interpretasi, dan bertindak terhadap bukti:
Memeriksa, menjelaskan, prediksi, fenomena alam
Memahami investigasi ilmiah
Interpretasi bukti ilmiah dan kesimpulan

Kompetensi ilmiah dalam PISA 2006 terdiri dari tiga hal berikut:
1. Mengidentifikasi isu ilmiah
2. Menjelaskan fenomena ilmiah
3. Menggunakan bukti ilmiah

Literasi sains dianggap sebagai hasil belajar kunci dalam pendidikan untuk usia 15 tahun bagi semua peserta didik. Diperlukan pemahaman yang cukup dan memadai mengenai karakteristik manusia yang memiliki literasi sains.
Karakteristik individu yang memiliki literasi sains yaitu:

  1. Bersikap positif terhadap sains
  2. Mampu menggunakan proses sains
  3. Berpengetahuan luas tentang hasil-hasil riset
  4. Memiliki pengetahuan tentang konsep dan prinsip sains serta mampu menerapkannya dalam teknologi dan masyarakat
  5. Memiliki pengertian hubungan antara sains, teknologi, masyarakat dan nilai-nilai manusia.
  6. Berkemampuan membuat keputusan dan terampil menganalisis  nilai untuk pemecahan masalah-masalah masyarakat yang berhubungan dengan sains tersebut.

Ciri-ciri bahwa seseorang memiiliki literasi sains menurut National Science Teacher Association (NSTA, dalam Poedjiadi 2005:102-103):

1. Menggunakan konsep sains
2. Mengetahui bagaimana masyarakat mempengaruhi sains dan teknologi da sebaliknya
3. Mengetahui bahwa masyarakat mengontrol sains dan teknologi
4. Menyadari keterbatasan dan kegunaan sains dan teknologi
5. Memahami sebagian besar konsep sains
6. Menghargai sains dan teknologi sebagai stimulus ilmu pengetahuan
7. Mengetahui bahwa pengetahuan ilmiah bergantung pada proses inkuiri dan teori
8. Membedakan fakta iliah dan opini pribadi
9. Mengetahui asal usul sains
10. Mengetahui aplikasi teknologi
11. Mengetahui pengetahui dan pengalaman yan cukup
12. Mengetahui sumber informasi dari sains dan teknologi yang dipercaya


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ruang Lingkup Literasi Sains Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan