menurut PISA (2003), dimensi sains sebagai berikut :
i. Mengenali pertanyaan ilmiah
ii. Mengidentifikasi bukti
iii. Menarik kesimpulan
iv. Mengkomunikasikan kesimpulan
v. Menunjukkan pemahaman konsep ilmiah
i. Kehidupan dan kesehatan
ii. Bumi dan lingkungan
iii. Sains teknologi
Tabel perbandingan assessment area literasi sains (2000-2003)
Kompetensi ilmiah dalam PISA 2006 terdiri dari tiga hal berikut:
1. Mengidentifikasi isu ilmiah
2. Menjelaskan fenomena ilmiah
3. Menggunakan bukti ilmiah
Literasi sains dianggap sebagai hasil belajar kunci dalam pendidikan untuk usia 15 tahun bagi semua peserta didik. Diperlukan pemahaman yang cukup dan memadai mengenai karakteristik manusia yang memiliki literasi sains.
Karakteristik individu yang memiliki literasi sains yaitu:
Ciri-ciri bahwa seseorang memiiliki literasi sains menurut National Science Teacher Association (NSTA, dalam Poedjiadi 2005:102-103):
1. Menggunakan konsep sains
2. Mengetahui bagaimana masyarakat mempengaruhi sains dan teknologi da sebaliknya
3. Mengetahui bahwa masyarakat mengontrol sains dan teknologi
4. Menyadari keterbatasan dan kegunaan sains dan teknologi
5. Memahami sebagian besar konsep sains
6. Menghargai sains dan teknologi sebagai stimulus ilmu pengetahuan
7. Mengetahui bahwa pengetahuan ilmiah bergantung pada proses inkuiri dan teori
8. Membedakan fakta iliah dan opini pribadi
9. Mengetahui asal usul sains
10. Mengetahui aplikasi teknologi
11. Mengetahui pengetahui dan pengalaman yan cukup
12. Mengetahui sumber informasi dari sains dan teknologi yang dipercaya
1. Kandungan Literasi Sains
Dalam dimensi konsep ilmiah, peserta didik perlu menankap sejumlah konsep kunci untuk dapat memahami fenomena alam tertentu dan perubahan yang terjadi akibat perubahan manusia. PISA mengajukan pertanyaan yang mempersatukan konsep biologi dengan ilmu sains lainnya.2. Proses Literasi Sains
PISA mengkaji kemam[uan peserta didik untuk menggunakan pengetahuan dan pemahaman ilmiah, seperti kemampuan peserta didik untuk mencari, menafsirkan, dan memperlakukan bukti-bukti. Pisa menguji lima proses semacam itu, yakni :i. Mengenali pertanyaan ilmiah
ii. Mengidentifikasi bukti
iii. Menarik kesimpulan
iv. Mengkomunikasikan kesimpulan
v. Menunjukkan pemahaman konsep ilmiah
3. Konteks Literasi Sains
Konteks sains melibatkan isu-isu yang sangat penting dalam kehidupan secara umum. Pertanyaan dalam PISA dikelompokkan menjadi tiga ara sains diterapkan, yaitu :i. Kehidupan dan kesehatan
ii. Bumi dan lingkungan
iii. Sains teknologi
Tabel perbandingan assessment area literasi sains (2000-2003)
Assessment
Area
|
Literasi
Sains 2000
|
Literasi
Sains 2003
|
Definisi
dan perbedaannya
|
Memerlukan
pemahaman konsep ilmiah, suatu kemampuan untuk mengaplikasikan perspektif
ilmiah dan berpikir secara ilmiah untuk menangani bukti-bukti.
|
|
Dimensi
konten
|
Konsep-konsep
biologi, fisika, kimia dan IPBA yang terkait dengan tema utama:
Bentuk
dan fungsi biologi manusia, perubahan fisiologis, keragaman perubahan
fisiologis, mahluk hidup, pengendalian genetik, ekosistem.
Struktur
dan sifat materi, perubahan atmosfer, perubahan fisis dan kimia, transformasi
energy, gerak dan gaya.
Bumi
dan kedudukannya di alam semester, perubahan geologis, konsep biologi dan
fisika.
|
Area
pengetahuan ilmiah dan konsep seperti:
Biodiversitas;
gaya dan perpindahan
Perubahan
fisiologis
|
Dimensi
proses
|
Kemampuan
atau proses mental yang terlibat ketika menjawab pertanyaan atau memecahkan
masalah, seperti:
Mengenal
pertanyaan yang dapat dijawab dalam sains
Mengidentifikasi
dan menginterpretasi bukti
Menerangkan
kesimpulan sesuai bukti yang ada
|
Kemampuan
menggunakan pengetahuan ilmiah dan pemahaman, memperoleh, interpretasi, dan
bertindak terhadap bukti:
Memeriksa,
menjelaskan, prediksi, fenomena alam
Memahami
investigasi ilmiah
Interpretasi
bukti ilmiah dan kesimpulan
|
Kompetensi ilmiah dalam PISA 2006 terdiri dari tiga hal berikut:
1. Mengidentifikasi isu ilmiah
2. Menjelaskan fenomena ilmiah
3. Menggunakan bukti ilmiah
Literasi sains dianggap sebagai hasil belajar kunci dalam pendidikan untuk usia 15 tahun bagi semua peserta didik. Diperlukan pemahaman yang cukup dan memadai mengenai karakteristik manusia yang memiliki literasi sains.
Karakteristik individu yang memiliki literasi sains yaitu:
- Bersikap positif terhadap sains
- Mampu menggunakan proses sains
- Berpengetahuan luas tentang hasil-hasil riset
- Memiliki pengetahuan tentang konsep dan prinsip sains serta mampu menerapkannya dalam teknologi dan masyarakat
- Memiliki pengertian hubungan antara sains, teknologi, masyarakat dan nilai-nilai manusia.
- Berkemampuan membuat keputusan dan terampil menganalisis nilai untuk pemecahan masalah-masalah masyarakat yang berhubungan dengan sains tersebut.
Ciri-ciri bahwa seseorang memiiliki literasi sains menurut National Science Teacher Association (NSTA, dalam Poedjiadi 2005:102-103):
1. Menggunakan konsep sains
2. Mengetahui bagaimana masyarakat mempengaruhi sains dan teknologi da sebaliknya
3. Mengetahui bahwa masyarakat mengontrol sains dan teknologi
4. Menyadari keterbatasan dan kegunaan sains dan teknologi
5. Memahami sebagian besar konsep sains
6. Menghargai sains dan teknologi sebagai stimulus ilmu pengetahuan
7. Mengetahui bahwa pengetahuan ilmiah bergantung pada proses inkuiri dan teori
8. Membedakan fakta iliah dan opini pribadi
9. Mengetahui asal usul sains
10. Mengetahui aplikasi teknologi
11. Mengetahui pengetahui dan pengalaman yan cukup
12. Mengetahui sumber informasi dari sains dan teknologi yang dipercaya
0 komentar:
Posting Komentar