Portal Digital Data Personal

Tulisanku
Sabtu, 23 Januari 2016

Empat Buku Cerita Anak




Empat buku cerita tebal terpaksa menguras isi dompet saya kemarin, Rp. 95.000,00 harus ludes dalam satu putaran di satu toko buku.. tapi saya tidak terlalu begitu sedih karena kalau dikalkulasi harganya jauh lebih rendah daripada harga yang seharusnya.. coba cek dibeberapa toko buku lain adakah buku setebal 500 halaman dengan kertas sejenis art paper, fullcolor dan full ilustrasi, ukurannya cukup besar, tebal, tersegel dengan hardcover dihargai Rp. 25.000,00 ? Tentu saja jarang, bahkan diloakan pastinya tidak ada..

Buku ini bukanlah buku tebal khas mahasiswa, namun buku untuk anak-anak yang mulai berkembang dan yang perlu dilatih imajinasinya.. 100 cerita klasik, 50 cerita ajaib, kumpulan dongeng dunia mimpi, 50 cerita binatang dan toko inspiratif lainnya itu adalah buku yang saya dapatkan kemarin.. Buku ini mengantarkan saya kembali ke kenangan masa kecil dimana saya sempat mendapatkan cerita tentang cinderella, thumbelina, si jack dan kacang ajaibnya dll sekaligus sebagai investasi untuk si kecil nanti #eh.. mungkin ceritanya tidak sesuai dengan realita atau fakta namun tidak perlu dipermasalahkan karena anak perlu dilatih berimajinasi untuk melatih kreativitasnya..

Mungkin ada yang mempersalahkan mengapa kita tidak membaca buku yang bercorak islami saja, itu akan lebih memperkuat keimanan.. saya juga sependapat memang lebih baik kita mendoping anak dengan cerita nabi, rasul, sahabat daripada dengan tokoh fiktif imajinatif ini.. namun dengan adanya cerita yang berkiblat pada barat kita memberikan wawasan akan peradaban lain bahwa di sana ada cerita yang bisa kita ambil manfaatnya.. setidaknya buku ini bisa menjadi pengantar supaya anak senang membaca..

Apalagi buku terbitan BIP tersebut memberikan visualisasi yang memanjakan mata, maka akan lebih disukai oleh anak anak, saya pun suka sebagai seorang pembelajar visual.. saya juga berharap dari generasi muslim ada yang mampu membuat ilustrasi semenarik buku buku tadi untuk menceritakan cerita masyhur di masa rasulullah dan di dalam al qur'an dari tsalabah, bilal, abdullah ibnu ummi maktum sampai nabi adam.. sekaligus kalau bisa sekualitas dan semurah buku buku tadi.. saya disini hanya bisa berharap.. namun bagi saya sebuah harapan itu adalah sebuah doa..

***
Pagi yang sejuk, 23 januari 2016 - 05.33 WIB






  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Empat Buku Cerita Anak Rating: 5 Reviewed By: Wawan Listyawan