A.
Judul Jurnal Belajar : Jurnal Belajar 9 : Prosedur
Membuat RPP
B.
Pertanyaan-Pertanyaan Terkait dengan Materi
-
C.
Konsep yang harus dikuasai
1. Identitas RPP
Merupakan
bagian pertama dari RPP yang merupakan pengenalan awal tentang RPP. Identitas
RPP terdiri dari :
-
Judul
merupakan
judul RPP, menginformasikan ini adalah RPP, ditulis dengan huruf balok. Contoh
: RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
-
Satuan
Pendidikan
Identitas
Sekolah penyusun atau pengguna RPP. Contoh : SMA Negeri 2 Wonogiri
-
Kelas
Menginformasikan
tingkatan kelas yang akan diterapkan RPP tersebut. Contoh : XI
-
Tahun
Ajaran
Menginformasikan
tahun RPP itu diberlakukan. Contoh : 2014/2015
-
Alokasi
Waktu
Menginformasikan
waktu yang digunakan untuk meyelesaikan proses pembelajaran. Contoh : 4 x 45
menit
-
Materi
Menginformasikan
materi yang akan dibahas dalam proses pembelajaran pada RPP ini. Contoh :
Sistem Sirkulasi
2. Kompetensi Inti
Berisi kompetensi yang harus dicapai setelah
melakukan kegiatan pembelajaran yang bersumber dari permendikbud, terdiri dari Kompetensi
1 (spiritual) , Kompetensi 2 (afektif), Kompetensi 3 (kognitif) dan Kompetensi
4 (keterampilan)
3. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi dasar berisi kompetensi yang harus
dicapai siswa yang merupakan penjabaran dari kompetensi inti
Indikator
ditulis langsung di bawah KD. Cara membuat lihat kata kerja operasional KD,
bisa berdasarkan taksonomi bloom
Contoh:
3.6.
|
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ
pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat
menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi.
3.6.a.
Menjelaskan komponen darah.
3.6.b.
Menjelaskan fungsi dari komponen darah
3.6.c. Menjelaskan alat Peredaran darah
3.6.d.
menjelaskan proses peredaran darah
|
4. Tujuan Pembelajaran
Dalam menyusun tujuan pembelajaran harus
mengikuti kata kerja operasional, memenuhi formula “A B C D” (Audience
Behaviour Condition Degree)
5. Materi
Menampilkan konsep-konsep yang akan diajarkan,
pembuatan materi bisa dibuat bale supaya lebih mudah dipahami
No
|
Ciri
|
Sel
Darah
|
||
Eritrosit (Sel Darah Merah)
|
Leukosit (Sel Darah Putih)
|
Trombosit (Keping Darah)
|
||
1.
|
Bentuk
|
Bulat cekung (bikonkaf), tidak berinti
|
Tidak Teratur, berinti
|
Tidak teratur, tidak berinti
|
2.
|
Fungsi
|
Mengangkut O2dan CO2
|
Membunuh kuman
|
Pembekuan darah
|
3.
|
Jumlah (per mm3 darah)
|
4-5 juta
|
8000-9000
|
100-250 ribu
|
4.
|
Usia
|
120 hari
|
12-13 hari
|
8 hari
|
5.
|
Di buat di
|
Hati dan
limpa(saat dalam rahim),Sum-sum
tulang (t.pipih)
|
Sum-sum merah (t.pipa), limpa dan
kelenjar limfe
|
Sum-sum tulang
|
6. Metode pembelajaran
a) Pendekatan: Scientific Approach
(mengamati, menanya, menalar, mencoba/menyelidiki, menyimpulkan)
Model
ini merupakan pendekatan yang diwajibkan di kurikulum 2013.
b) Model : Problem based learning/ project
based learning/ inquiry learning/ discovery learning. Model ini merupakan
model yang dianjurkan dalam kurikulum 2013
c) Media : video, torso, gambar / sesuatu yang
digunakan untuk mengantar siswa memahami konsep. Media ini bebas dikembangkan
oleh guru.
d) Alat dan bahan : merupakan penunjang proses
pembelajaran baik dalam pengamatan maupun dalam kegiatan lain.
7. Sumber belajar
Merupakan identitas sumber belajar yang
digunakan sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Contoh :
Lestari,
E., Kristinnah, I. 2009. Biologi 2 : Makhluk Hidup dan
Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X . Jakarta : Depdiknas
8. Kegiatan Pembelajaran
Merupakan tabel langkah- langkah pembelajaran
yang berisi penjabaran dari kegiatan guru dan siswa meliputi percakapan dan
kegiatan fisik.
Pertemuan 1 (2 x 45 menit)
A. Pendahuluan
Kegiatan
|
Sintaks
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Pembukaan
|
Membuka pelajaran
Mengabsen
untuk
memasukkan buku pelajaran yang tidak ada kaitanya dengan biologi
|
Menjawab
salam guru
Menjawab apakah ada teman yang tidak hadir.
Menyiapkan
buku pelajaran biologi.
|
2 menit
|
|
Apersepsi
|
Memberi pertanyaan:
Darah
itu bentuknya apa sih?
|
Diharapkan siswa menjawab:
Cairan
|
5 menit
|
|
Motivasi
|
Menampilkan video tentang bentuk plasma darah dan
sel darah
|
Siswa memperhatikan, lalu ada yang bertanya :
Itu sel darahnya banyak sekali, tapi kok bentuk
dan fungsinya juga berbeda ya?
|
5 menit
|
B.
Kegiatan Inti
Kegiatan
|
Sintaks
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Eksplorasi
|
STIMULATION (stimulasi/ pemberian rangsangan).
|
Memperlihatkan cairan darah ayam
Coba lihat, darah ini terdiri dari apa?
|
memperhatikan,
menjawab:
Sebagian besar air, namun ada bagian yang padat,
namun kecil
|
5 menit
|
PROBLEM STATEMENT (pernyataan/ identifikasi
masalah).
|
Guru menampilkan berbagaigambar -“Ketika melihat gambar itu, bagaimana struktur plasma darah
dan sel darah?”
|
Siswa menjawab
“untuk plasma darah terdiri dari air, trombin dll,
Struktur sel darah merah mengandung hemoglobin, tak bernukleus, sel darah
putih bernukles tak berhemoglobin, keping darah tak bernukleus dan
takberhemoglobin
|
5 menit
|
|
DATA COLLECTION (mengumpulkan data).
|
Membagi peserta didik menjadi 8 kelompok untuk pengamatan
|
Siswa Melakukan pengamatan Melakukan
kajian literature
|
20 menit
|
|
Elaborasi
|
DATA PROCESSING (pengolahan data)
|
Mempersilahkan peserta didik untuk menganalisis
|
Mendiskusikan
hasil pengamatan
|
20 menit
|
VERIFICATION (pentahkikan/pembuktian)
|
Meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi
|
Mempresentasikan
secara lisan
|
20 menit
|
|
Konfirmasi
|
GENERALIZATION (menarik kesimpulan/generalisasi)
|
Mengajak peserta didik untuk menarik kesimpulan bersama
|
Bersama
guru menyimpulkan tentang konsep
|
3 menit
|
C.
Penutup
Kegiatan
|
Sintaks
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Evaluasi
|
Memberi
evaluasi
Memberikan tugas kepada siswa
Memberikan
salam penutup.
|
Mengerjakan
soal evaluasi
Memperhatikan
tugas dari guru
Menjawab
salam penutup
|
5 menit
|
9. Intrusmen penilaian
A. Metode
dan Bentuk Instrumen
Ranah
|
Metode
|
Bentuk
|
Sikap
|
Pengamatan sikap
|
·
Lembar penilaian sikap
untuk penilaian kelompok
|
Keterampilan
|
Tes Unjuk Kerja
|
·
Lembar observasi
unjuk kerja untuk penilaian kelompok
|
Pengetahuan
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
B. Instrumen dan Rubrik Penilaian
1.
Instrumen
Sikap/Afektif
Berilah
kriteria 1, 2, 3 atau 4 pada setiap aspek yang dinilai berdasarkan apa yang
telah dilakukan oleh setiap kelompok saat kegiatan pembelajaran!
Kelompok
|
Indikator Sikap
|
Skor Perolehan
|
|||||||||||
Disiplin
dalam pembelajaran
|
Teliti dalam pengamatan
|
Bekerja sama dalam kegiatan
praktikum dan diskusi kelompok
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
|||||||||||||
6
|
Kriteria
penilaian :
4= A : Baik sekali 3= B : Baik
2= C : Cukup 1= D : Kurang
Nilai Sikap = jumlah skor yang didapat
siswa x 100 = 100
Skor
maksimal
Kisi
Kisi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek
Afektif
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai
data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan
eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi,
peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan
dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium
maupun di luar kelas/laboratorium
|
bekerjasama
dalam melakukan pengamatan
|
bekerjasama
|
teliti dalam melakukan pengamatan
|
teliti
|
|
Disiplin dalam mengerjakan LKS
|
disiplin
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Indikator Afektif
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Disiplin dalam pembelajaran
|
a. Memenuhi
kriteria berikut:
1. Tepat
waktu dalam melakukan praktikum.
2. Taat
mengikuti prosedur praktikum yang sudah disusun.
3. Tepat
waktu dalam mengumpulkan LKS.
4. Berkumpul
dengan teman sekelompok saat diskusi berlangsung.
b. Memenuhi
3 kriteria di atas
c. Memenuhi
2 kriteria di atas
d. Memenuhi
1 kriteria di atas
|
4
3
2
1
|
2
|
Teliti dalam pengamatan
|
a. Memenuhi
kriteria berikut:
1. Menyebutkan
warna sel darah/ organ
2. Menyebutkan
bentuk sel darah/ organ
3. Menyebutkan
komponen penyusun sel darah/ organ
4. Menyebutkan
perbedaan antar sel darah/ organ
b. Memenuhi
3 kriteria di atas
c. Memenuhi
2 kriteria di atas
d. Memenuhi
1 kriteria di atas
|
4
3
2
1
|
3
|
Bekerja sama dalam pengamatan
|
a. Memenuhi
kriteria berikut:
5. Melakukan
pembagian tugas dalam kegiatan praktikum.
6. Melakukan
pembagian tugas dalam kegiatan diskusi hasil praktikum.
7. Melakukan
pembagian tugas saat presentasi hasil diskusi praktikum.
8. Saling
membantu teman dalam kelompok.
b. Memenuhi
3 kriteria di atas
c. Memenuhi
2 kriteria di atas
d. Memenuhi
1 kriteria di atas
|
4
3
2
1
|
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan/ Kognitif
Kisi – Kisi Soal
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Butir Soal
|
Tipe Soal
|
|||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
|||
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ
pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat
menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi.
|
Menjelaskan komponen darah.
.
|
Jelaskan perbedaan komponen darah yang telh kamu
amati!
|
√
|
|||||
3.Menjelaskan fungsi dari komponen darah
|
Jelaskan fungsi dari
masing masing komponen darah yang sudah kamu amati!
|
√
|
||||||
Menjelaskan alat Peredaran darah
|
Jelaskan
karakteristik dan fungsi dari alat peredaran manusia!
|
√
|
||||||
menjelaskan proses peredaran darahberdasarkan hasil pengamatan
|
Jelaskan melalui bagan mekanisme peredara darah pada manusia !
|
Rubrik
Butir Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Jelaskan fungsi dari
masing masing komponen darah yang sudah kamu amati!
|
Siswa menjelaskan fungsi dan karakteristik masing-masing komponen
darah dengan lengkap baik pada Plasma darah, eritrosit, leukosit, dan
trombosit
|
20
|
Siswa menjelaskan tiga
fungsi dan karakteristik masing-masing komponen darah.
|
15
|
|
Siswa menjelaskan dua
fungsi dan karakteristik masing-masing komponen darah..
|
10
|
|
Siswa menjelaskan satu
fungsi dan karakteristik masing-masing komponen darah.
|
5
|
|
Siswa tidak menjelaskan fungsi dan karakteristik masing-masing
komponen darah.
|
0
|
|
Jelaskan perbedaan komponen darah yang telh kamu
amati!
|
Siswa membedakan fungsi dan karakteristik masing-masing komponen
darah dengan lengkap baik pada Plasma darah, eritrosit, leukosit, dan
trombosit
|
15
|
Siswa membedakan tiga fungsi dan karakteristik masing-masing
komponen darah.
|
10
|
|
Siswa membedakan dua fungsi dan karakteristik masing-masing
komponen darah..
|
5
|
|
Siswa tidak dapat membedakan satu fungsi dan karakteristik
masing-masing komponen darah.
|
0
|
|
Jelaskan
karakteristik dan fungsi dari alat peredaran manusia!
|
Siswa tidak menjelaskan fungsi dan karakteristik masing-masing
komponen darah.
|
15
|
Siswa menjelaskan fungsi dan karakteristik masing-masing jaringan
dengan lengkap baik hanya pada dua organ tumbuhan
|
10
|
|
Siswa menjelaskan fungsi dan karakteristik masing-masing jaringan
pada salah satu organ tumbuhan saja.
|
5
|
|
Siswa tidak mampu menjelaskan fungsi dan karakteristik
masing-masing jaringan tumbuhan pada kesemua organ tumbuhan
|
0
|
3. Instrumen Keterampilan/Psikomotorik
Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Aspek Psikomotorik
|
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan
fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem
peredaran darah manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
|
mengamati Stuktur darah melalui pengamatan preparat
mengamati alat alat peredaran darah melalui pengamatan torso
mengkomunikasikan hasil diskusi melalui presentasi di depan kelas
|
Keterampilan
Mengkomunikasikan Hasil Diskusi
|
Rubrik
Penilaian Psikomotorik
Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
|
Keterampilan Mengkomunikasikan Hasil Diskusi
|
Siswa tidak mampu mampu mempresentasikan hasil
diskusi kelompok sesuai dengan permasalahan yang ada, penjelasannya tidak
sistematis dan runtut.
|
1
|
Siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi
kelompok sesuai dengan permasalahan yang ada, penjelasan sistematis dan
runtut, namun suara kurang lantang dan jelas
|
2
|
|
Siswa mampu mempresentasikan hasil
diskusi kelompok sesuai dengan permasalahan yang ada, penjelasan sistematis
dan runtut, presentasi dengan suara jelas dan lantang, mampu menghidupkan
suasana.
|
3
|
|
Siswa mampu mempresentasikan hasil
diskusi kelompok sesuai dengan permasalahan yang ada, penjelasan sistematis
dan runtut, presentasi dengan suara jelas dan lantang, mampu menghidupkan
suasana, dan mampu menguasai kelas
|
4
|
LEMBAR
KERJA SISWA 1
Tujuan
:
mengamati
Stuktur darah melalui pengamatan preparat
Menjelaskan komponen darah
Menjelaskan
fungsi dari komponen darah
Alat
dan Bahan :
Mikroskop
Objek
gelas dan gelas penutup
Jarum
penusuk
Kapas
Lampu
spiritus
Alkohol
75%
Metylin
biru
Cara
Kerja :
Sterilkan jarum penusuk dengan alkohol 75%.
Ambillah kapas dan berilah alkohol 75%
kemudian usapkan pada jari manis Anda. Setelah itu, tusuklah jari manis Anda
dengan jarum yang sudah disterilkan.
Teteskan darah yang keluar dari objek gelas,
kemudian buatlah lapisan tipis atau apusan dengan menggeser tetesan darah
tersebut dengan ujung objek gelas yang lain secara perlahan-lahan.
Berilah satu tetes pipet larutan Metylin biru,
supaya melekat
lewatkan di atas api spiritus. Biarkan selama
15 menit.
Cucilah apusan darah tersebut dengan aquades,
kemudian keringkan.
Amatilah di bawah mikroskop. Gambarlah hasil
pengamatan itu pada tabel dibawah ini dan lengkapilah dengan keterangan
gambar
|
keterangan
|
Nama komponen
|
Ciri - ciri
|
fungsi
|
Kesimpulan
:
D.
Konsep yang belum dikuasai
Bagaimana kriteria RPP yang ideal?
E. upaya memahami konsep yg belum dipahami
mencari di internet :
Secara
umum, ciri-ciri Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik adalah
sebagai berikut:
1.
Memuat aktivitas proses belajar mengajar yang akan dilaksanakan oleh guru
yang akan menjadi pengalaman belajar bagi siswa.
2.
Langkah-langkah pembelajaran disusun secara sistematis agar tujuan
pembelajaran dapat dicapai.
3.
Langkah-langkah pembelajaran disusun serinci mungkin, sehingga apabila RPP
digunakan oleh guru lain (misalnya, ketiga guru mata pelajaran tidak hadir),
mudah dipahami dan tidak menimbulkan penafsiran ganda.
0 komentar:
Posting Komentar