A. Judul Jurnal Belajar : Jurnal Belajar 4
: keterkaitan SKL, KI, dan KD
B. Pertanyaan-Pertanyaan Terkait dengan Materi
Mengapa kurikulum 2013 mengedepankan penggunaan
model pembelajaran inkuiri, PBL, PjBL dan discovery learning?
Apa perbedaan dari model pembelajaran tersebut?
C. Konsep yang harus dikuasai
KI 1
merupakan kompetensi yang berhubungan dengan aspek
spiritual
1.1 belum bisa disusun asesment yang tepat untuk
guru mapel, bisa di akses dengan kegiatan harian GK atau angket
1.2. belum bisa dikses dengan tes, hanya bisa dengan
observasi dan angket
1.3 dilihat dari akitvitas sehari-hari, dengan
observasi atau angket
KI 2
merupakan kompetensi yang berhubungan dengan aspek
afektif
2.1 berperilaku ilmiah bisa dilihar dengan
membreakdown deskriptor.. misalnya teliti : bisa dilihat dari praktikum, dari
mempersiapkan kelengkapan persiapan alat dan bahan.. sikap yang diukur
tergantung dari materi yang dibahas..
KI 3
merupakan kompetensi yang berhubungan dengan aspek
kognitif
3.1 bisa dikakses dengan kemampuan siswa dari C2..
menjelaskan memahami, menyebutkan
3.2 siswa dilihat dari membedakan komponen,
mengelompokan dengan memberikan fakta yang ada
3.3 siswa diharapkan untuk mengaplikasikan konsep,
C3
KI 4
merupakan kompetensi yang berhubungan dengan aspek
psikomotori
4.1 siswa mampu presentasi di depan kelas
Tujuan penerapan model pembelajaran
pada kurikulum 2013 adalah agar proses pembelajaran lebih berbobot, lebih
bermakna. Saatnya Guru meninggalkan pembelajaran tradisional dan menerapkan
model pembelajaran yang baik sehingga suasana kelas menjadi hidup. Siswa
sebagai komponen yang diberi perlakuan, mampu untuk melakukan aktifitas belajar
dengan senag, riang dan gembira tanpa meninggalkan arti keseriusan
pembelajaran. Siswa mengikuti pembelajaran tanpa tekanan dan juga tanpa
paksaan. Pembelajaran menjadi lebih menarik bagi siswa khususnya dan bagi
sekolah pada umumnya sehingga tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dari
setiap kompetensi dasar bisa tercapai dan siswa mampu melakukan belajar tuntas.
Perbandingan yang dilakukan oleh Savin - Baden (2003) terhadap PjBL dan PBL adalah sebagai berikut :
Komponen
|
Project
based learning
|
Problem
based learning
|
focus
|
Diharuskan
menghasilkan produk dalam bentuk laporan atau desain
|
Tidak
harus menghasilkan produk
|
Peran
guru/tutor
|
supervisor
|
Fasilitator
|
Pemecahan
masalah
|
Siswa
diharuskan menghasilkan solusi atau strategi untuk memecahkan masalah
|
Pemecahan
masalah merupakan salah satu bagian dari proses bukan fosus dalam manajemen
masalah
|
Pemberian
materi pelajaran
|
Dalam
bentuk berbagai macam tipe pembelajaran diberikan sepanjang projek
|
Difokuskan
pada pembelajaran siswa sendiri. ceramah juga digunakan untuk mendukung
belajar siswa bukan hanya memberi arah belajar
|
Peran
siswa
|
Siswa
terlibat dalam pemilihan projek (kadang-kadang dari daftar yang sudah
ditentukan)
|
Siswa
mungkin memilih skenario masalah walaupun biasanya masalah disampaikan oleh
guru. Siswa harus mendefinisikan apa dan bagaimana mereka belajar
|
Posisi
dalam pembelajaran
|
Sesudah
siswa menguasai semua materi.
Dianggap
sebagai mekanisme untuk menyampaikan beberapa materi dalam satu aktivitas
|
Digunakan
untuk memahami materi.
Didasarkan
pada premis bahwa pembelajaran terutama akan terjadi pada lintas disiplin
termasuk pada awal pembelajaran
|
Peran
kelompok
|
Ada
untuk menyelesaikan projek
|
Harus
bekerja sama selama proses pembelajaran dan kerja tim merupakan komponen
pembelajaran
|
Perbedaan inkuiri dan discovery adalah
Dalam discovery learning, ada pengalaman yang disebut ”... ahaa experience”.
Yang dapat diartikanseperti nah ini dia. Sebaliknya Inquiry Learning tidak
selalu sampai padaproses tersebut. Hal ini karena proses akhir discovery
learning adalah penemuan, sedangkan Inquiry Learning proses akhir terletak
padakepuasan kegiatan peneliti.
D. Konsep yang belum dikuasai
Bagaimana sintaks model pembelajaran yang
direkomendasikan kemendiknas untuk penerapan kurikulum 2013 supaya bisa
mencapai SKL dan tujuan pembelajaran?
E. Bagaimana upaya memahami konsep yg belum dipahami
Mencari referensi dari internet :
Suyitno, teguh.
2013 Model Pembelajaran pada Kurikulum 2013. http://bdksemarang.kemenag.go.id/?p=page&id=272#sthash.0FWkwBWj.dpbs
Langkah pembelajaran inkuri, merupakan suatu siklus yang dimulai dari:
1.
Observasi atau
pengamatan terhadap berbagai fenomena alam
2.
Mengajukan
pertanyaan tentang fenomena yang dihadapi
3.
Mengajukan dugaan
atau kemungkinan jawaban
4.
Mengumpulkan data
yang terkait dengan pertanyaan yang diajukan
5.
Merumuskan
kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data.
Langkah pembelajaran penemuan , merupakan suatu siklus yang dimulai dari:
- stimulasi/pemberian rangsangan terhadap masalah
- identifikasi masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, merumuskan dalam bentuk hipotesis
- pengumpulan data yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis
- pengolahan data dan informasi yang telah diperoleh para siswa baik melalui wawancara, observasi, lalu ditafsirkan.
- Verifikasi untuk menemukan suatu konsep, teori
- menarik kesimpulan dengan memperhatikan hasil verifikasi
Langkah pembelajaran berbasis masalah, merupakan suatu siklus yang
dimulai dari:
- Pemberian/ menemukan konsep dasar tentang tatacara pembelajaran yang akan dilakukan.
- pendefinisian masalah dengan mencari berbagai sumber yang dapat memperjelas isu yang sedang diinvestigasi.
- Tahap pembelajaran mandiri dengan investigasi mencari masalah
- pertukaran pengetahuan dengan berdiskusi dalam kelompoknya untuk mengklarifikasi capaiannya dan merumuskan solusi dari permasalahan kelompok.
Langkah pembelajaran berbasis proyek, merupakan suatu siklus yang dimulai
dari:
1. penentuan pertanyaan
2. menyusun rencana proyek
3. menyusun jadwal
4. monitoring
5. menguji hasil
6. evalusasi pengalaman
0 komentar:
Posting Komentar