A. Judul Jurnal Belajar : Jurnal Belajar 8 : Analisis Buku Ajar
B. Pertanyaan-Pertanyaan Terkait dengan Materi
-
C. Konsep yang harus dikuasai
Bahan ajar biologi merupakan materi pembelajaran yg secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan sikap yg harus dipelajari oleh peserta didik dalam rangka mencapai standar kompetensi yg telah ditentukan
Hasil Analisis Modul Biologi Kelompok 6
- Penampilan Buku
- Cover
Cover kurang menarik karena kurang menarik minat pembaca. Design kurang menarik hanya terdiri dari dua warna hijau dan kuning yang warna hijaunya terlalu dominan. Lambang/ logo sekolah terlalu besar apabila diletakkan ditegah-tengah, lebih baik diletakkan di tepi bawah dan ukurannya diperkecil. Gambar pada cover kurang menampilkan gambar rill yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari atau dapat berhubungan dengan materi yang akan dibahs dalam buku tersebut.
Padahal menurut International Education Achievement (1999) Buku yang baik seharusnya menumbuhkan minat siswa untuk membacanya, hal tersebut dapat disiasati dengan penampilan buku yang dibuat semenarik mungkin. Disinyalir, rendahnya minat baca siswa berawal dari perkenalan (kesan) pertama yang buruk dengan buku, dalam hal ini buku pelajaran yang angker, berat dan tidak menarik tersebut.
- Lay out
Lay out atau unsur tata letak meliputi: (a) kekonsistenan penempatan judul, (b) bidang cetak atau margin, dan (c) kelengkapan dan kesesuaian penempatan unsur tata letak. Judul konsisten diletakkan pada bagian atas buku bagian kanan atau bagian kiri.
Bahan ajar ini dicetak dengan margin atas 3cm, margin kiri 3cm , sementara margin bawah dan kanan 2 cm.
Unsur tata letak meliputi judul bab, subjudul bab, ilustrasi, dan gambar. Penampilan judul bab dan sub judul bab sudah cukup baik, tentunya dengan ukuran huruf yang berbeda sesuai dengan penempatannya. Sementara komposisi antara teks dan gambar kurang seimbang sehingga kurang dapat menarik minat pembaca
- Huruf
Huruf yang digunakan sudah cukup normal pada materi, digunakan jenis font Time New Romans ukuran 12. Selain tulisan pada materi secara umum, ukuran huruf dipilih bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Untuk subjudul dipilih ukuran 14 pt dan cetak tebal. Untuk latihan dipilih ukuran 18 pt dan cetak tebal.
- Gambar
Gambar tidak berwarna sehingga kurang menarik minat pembaca. Keterangan gambar kurang jelas yang dapat membingungkan pembaca. Gambar kurang banyak yang dapat menjelaskan materi. Diharapkan gambarnya sesuai dengan kenyataan dan berada disekitar tempat wilayah siswa. Padahal menurut Prastowo (2012:190)dikatakan bahwa pemberian ilustrasi pada buku akan mendukung penjelasan materiyang disajikan. Ilustrasi atau gambar pada bahan ajar ini masih kurang,Selain itu, gambar tidak mencantumkan sumber gambar yang diperoleh harusnya menampilkan sumber.
- Tabel
Pada tabel belum ada keterangan mengenai tabel tersebut. Sumber darimana tabel berasal juga belum ada.
Berikut merupakan perbandingan modul semester 1 dan semester 2.
- Ukuran buku
Ukuran modul dengan lebar 21 cm dan tinggi 29,2 cm hampir sesuai dengan standar yang ditetapkan ISO . Dimana, bahan ajar yang sesuai standar ISO berukuran A4 210 x 270 mm (BSNP, 2006).
- Jumlah halaman
Halaman yang terdapat pada buku tersebut tidak terlalu banyak yaitu pada modul semester 1 terdapat 117 halaman dan pada modul semester 2 adalah 76 halaman.
- Mutu kertas
Pada modul ini kertas yang digunakan masih kurang sesuai dengan standar ISO. Sesuai dengan standar ISO, kertas yang dipilih dalam bahan ajar adalah 80 gsm (BSNP,2006).
- Urutan
Sudah sesuai dengan urutan tingkatan materi dan sudah pula disesuaikan dengan silabus.
- Kelengkapan info
Pada modul tersbut tidak terdapat info yang berhubungan dengan materi yang lain dan bidang yang lain.
- Kejelasan tujuan
Jelas, karena sudah terdapat tujuan pembelajaran. Namun pada semester genap belum terdapat kejelasan tujuan.
No
|
Bagian Buku
|
Deskripsi
|
1
|
Identitas Buku
|
Judul Buku : BIOLOGI
Pengarang : Nur Fatkhiyah Hidayati
Penerbit : SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA
Tahun terbit : 2013
|
2
|
Kelengkapan penyajian
Pendahuluan
Daftar isi
Glosarium
Rangkuman materi & pengayaan
Evaluasi
Daftar pustaka
|
Hanya berisi kata pengantar. Seharusnya berisi petunjuk dan pedoman penggunaan buku
Terdapat kesalahan pada daftar isi seharusnya pada penulisan Ulangan Blok semester gasal yang benar yaitu Ulangan Blok semester genap. Penulisan nomor halaman tidak rapi.
Tidak ada glosarium pada modul tersebut. Seharusnya pada modul tetap diberi glosarium. Glosarium dapat diletakkan di setiap akhir bab atau pada awal bab
Buku pegangan ini adalah buku modul, sehingga langsung terdiri dari ringkasan materi. Pada modul semester ganjil terdapat pengayaan berupa latihan soal, sedangkan pada semster gena tidak terdapat pengayaan
Terdapat latihan evaluasi di setiap akhir bab dan akhir semester
Penulisan pada daftar pustaka belum sesuai karena masih ada kesalahan dalam penulisan daftar pustaka
|
3
|
Isi buku ajar sesuai dg 11 kriteria bahan ajar untuk mengembangkan literasi sains
Kelayakan isi
Tujuan Penyusunan bahan ajar
|
Kelayakan isi pada modul tersebut sudah sesuai dengan tingkatan peserta didik dan tidak mengandung konten-konten sar, bahkan ada beberapa materi yang dikaitkan dengan keislaman
Sudah sesuai, karena pada setiap bab terdapat kegiatan siswa yang membantu siswa dalam proses pembelajaran
|
Depdiknas (2008) menyebutkan bahwa struktur penulisan modul sering dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: 1) bagian pembuka, yang terdiri atas judul, daftar isi, peta informasi, daftar tujuan kompetensi, dan tes wal modul; 2) bagian inti modul, yang terdiri dari pendahuluan/tinjauan umum materi, hubungan dengan materi atau pelajaran lain, uraian materi, penugasan, dan rangkuman;
Keseuaian dg kurikulum
Kejelasan konsep
Menarik minat peserta didik
Menumbuhkan motivasi dan menstimulasi aktivitas peserta didik
Komunikatif, logis, dan sistematis
Penyajian gambar
Kontekstual
Menghargai perbedaan individu
Memantapkan nilai
|
Pada semester ganjil sudah susai dengan KTSP. Namn pada semester genap belum sesuai dengan KTSP karena tidak terdapt tujuan pembelajaran.
Sudah jelas, karena dalam beberapa konsep sudah disertai dengan ilustrasi
Sudah menumbuhkan aktivitas pada peserta didik karena pada modul tersebut ada kegiatan yang dapat dilakuakan oleh siswa
Bahasa yang digunakan sudah formal, dan dalam penggunaan bahasa belum membuat siswa tertarik. berdasarkan standar kelayakan BSNP 2006 yaitu bahasa harussesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan komunikatif. Hasil penelitian ini sesuai Prastowo (2012:175)yang mengatakan bahwa standar bahasaatau keterbacaan dalam bahan ajar meliputi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, peristilahan sesuai dengan EYD,kejelasan bahasa, kesesuaian bahasa dankemudahan untuk dibaca
Gambar yang disajikan belum berwarna sehingga kurang membuat minnat peserta didik
Belum kontekstual karena belum ada masalah yang disajikan berdasarkan wilaya tempat tinggal peserta didik
Mengahargai individu karena tidk ada materi yang memangandung sara
Ada beberapa materi yang memantapkan nilai sedangkan pada materi yang lain belum dikaitkan dengan nilai-nilai yang harusnya dicapai dan dimiliki oleh peserta didik
|
Teknik Penyajian
Keruntutan Konsep
Kekonsistenan sistematika
Keseimbangan antarbab
|
Konsep yang diberikan sudah runtuh karena sudah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Sistematika yang ditulis pada setiap bab sudah sama dan diberikan tujuan, standar kompetensi
Sudah seimbang dengan kemampuan anak SMA
|
Berdasarkan analisis struktur penulisan Modul Biologi didapatkan hasil sebagai berikut:
No
|
Bagian
|
Komponen
|
Ketersediaan
|
Persentase
|
1
|
Pembuka
|
Judul
|
Ada
|
40 %
|
2
|
Daftar Isi
|
Ada
| ||
3
|
Peta Informasi
|
Tidak ada
| ||
4
|
Daftar tujuan kompetensi
|
Tidak ada
| ||
5
|
Tes awal modul
|
Tidak ada
| ||
6
|
Inti
|
Pendahuluan / tujuan umum materi
|
Ada
|
52%
|
7
|
Hubungan dengan materi lain
|
Tidak ada
| ||
8
|
Uraian materi
|
Ada
| ||
9
|
Penugasan
|
Ada
| ||
10
|
Rangkuman
|
Tidak ada
| ||
11
|
Penutup
|
Glossary / daftar istilah
|
Tidak ada
|
33,3%
|
12
|
Tes akhir modul
|
Ada
|
Untuk menilai buku ajar baik atau tidak kita harus menilainya dari semua komponen didalamnya. Namun dalam menilai harus berdasarkan pada kriteria yang ditentukan oleh para pakar buku ajar.
Buku yang baik itu harus menarik minat pembelajar dalam membaca, mampu memberi motivasi kepada peserta didik untuk menggunakannya , memuat ilustrasi yg menarik hati, mempertimbangkan aspek linguistik yg cocok dg pembacanya, berhubungan dg pelajaran lain, dapat menstimulasi aktivitas-aktivitas pribadi peserta didik, menghindari konsep yang samar, memberi pemantapan, penekanan pd nilai-nilai, menghargai perbedaan pembelajar, menjabarkan apa yg tertuang dalam kurikulum
Ketika menganalisis buku ajar yang harus diperhatikan baik-baik adalah kualitas dari penampilan buku yang meliputi cover, lay out, huruf, gambar, tabel, ukuran buku, jumlah halaman, mutu kertas, urutan, interaksi, informasi yang baru dan kejelasan tujuan. Selain penampilan, kita harus memperhatikan konten yang ada di dalam buku itu apakah buku itu sudah mampu menarik minat pembaca , memotivasi pembaca, memuat ilustrasi yg menarik dan sumber yg jelas
D. Konsep yang belum dikuasai
Apa perbedaan buku ajar dan buku teks?
E. upaya memahami konsep yg belum dipahami
mencari di internet :
Bahan ajar adalah materi yang disusun secara sistematis. Struktur dan urutannya sistematis, menjelaskan tujuan instruksional yang akan dicapai, memotivasi siswa untuk belajar, mengantisipasi kesukaran siswa dengan meyediakan bimbingan belajar, memberi latihan yang cukup, menyediakan rangkuman, berorientasi kepada siswa secara individual. Bahan ajar bersifat mandiri, artinya dapat dipelajari sendiri oleh siswa karena sistematis dan lengkap.
Perbedaannya dengan buku teks, tidak hanya terletak pada format, tata letak, dan perwajahannya, tetapi orientasinya dan pendekatan yang digunakan. Buku teks ditulis dengan orientasi pada struktur dan urutan berdasarkan bidang ilmu untuk digunakan oleh guru. Penggunaannya memerlukan bantuan guru untuk menterjemahkannya. Perbedaan pokok, antara lain: a) bahan ajar disusun untuk siswa, b) menjelaskan tujuan, c) strukturnya berdasarkan kebutuhan siswa, c) fokusnya memberi kesempatan siswa berlatih, d) disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel, e) mengakomodasi kesulitan belajar, f) gaya penulisan komunikatif, g) berdasarkan kebutuhan siswa, h) dikemas untuk diguakan dalam proses instruksional, i) mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik, j) menjelaskan cara mempelajari.
0 komentar:
Posting Komentar